My old jobseeker story *part1

Okay..
Kenapa saya sempat membuat blog ini? Situasi saat ini saya habis memberikan panduan pengelolaan limbah b3 untuk project tank cleaning di kantor kontraktor di cilegon. Pukul 17.23. Perjalanan dr cilegon menuju kantor (simatupang jakarta) dimulai pukul 15.30.. which is 2 hours have been passed. Dan unfortunately (bukan ngeluh ya) saya naik mobil kantor (elf) di baris kedua dimana tidak ada tempat selonjoran kaki which is kaki saya udh pegel bangettt dan tol jorr belum dilalui so.. let’s forget my feet pain and try to start this..

This is my story..
Saya wisuda sebagai environmental engineer dr kampus tercinta (itb) bulan april 2012. Saya angkatan 2007. Sedikit background.. semester 8 tahun 2011 dimana banyak orang yg ngambil mata kuliah terakhir sambil tugas akhir.. saya cuma mgambil mata kuliah akhir tp belum ngambil tugas akhir.. ya karena terlalu keukeuh pingin nugas akhir di chevron, jadi saya hrs nunggu proposal saya ditrima d chevron and it did take times.. (6bulan lebih proses administrasinya bow).. alhasil.. bulan juli 2011 saat beberapa temen2 pinter dan rajin udh lulus.. saya br aja mulai nugas akhir d chevron..next graduation, bulan oktober.. saat yg lain wisuda saya cm jd pemberi bunga d sabuga..

Melihat sedikit ke belakang lagi.. kenapa si saya keukeuh bgt mau ta d chevron? Karena saya pingin bgt gitu kerja d oil and gas.. tapi pertamina? Kenapa?? Krn total d kalimantan.. trus chevron d duri.. trus satu2nya oil and gas yg sy tau wktu itu bs d jkt cm pertamina.. dangkal yah.. plus bumn scara sy tumbuh d bawah naungan mama papa pegawai bumn..
Lanjut, matakuliah TL ga berinterface langsung dgn perminyakan jd aja.. jauh2 hari saya udah nyusun rencana seperti mengambil mata kuliah bioremediasi dr SITH (sekolah ilmu teknologi hayati) niat bgt lintas fakultas plus mata kuliah lumpur dan usaha terakhir adl penantian panjang buat ta di perusahaan minyak .. tujuannya?biar kalo wawancara pas nyari kerja bisa ngerti gitu loh ttg per TL an di permigasan..
Dan april akhirnya saya lulus (back to the story hehe) dan inilah perjalanan karir saya jeng:

1. Daftar jadi BPS Pertamina
Anyway seminggu sebelum saya wisuda saya dinyatakan lulus administrasi untuk selanjutnya mengikuti psikotest utk jd BPS pertamina.. saat itu saya memilih bps refinery (mencentang pilihan saat psikotest)..anak muda yg impulsif sekali.. menghindari bps upstream krn dr pemikiran simple ga mau berpanas2 ria secara kalo onshore  upstream biasanya lapangannya panas klo refinery lapangannya msh deket sm kantor (what a girl) :mrgreen:..
Itu adl psikotest pertama saya ketika meniti karir sbagai job seeker.. celingak celinguk hampir smua temen seangkatan ikut.. pasrah deh.. secara waktu itu psikotest di kantor psikologi unpad di dago.. dingin bgt acny jd ad kali saya 5 kali pipis slama psikotest.. T.T pasrah..

Eh.. 1 bulan kemudian (lama yaa.. pertamina bener2 de orang saya dag dig dug duwer nungguinnya) keluar pengumuman.. se TL ria.. alhamdulillah saya dan mia (temen baik saya yg cum laude) lulus untuk sesi interview.. kita interview di kantor pertamina pusat yg di sebrang gambir.. dan berdoa smg kt berdua bs ditrima krn kan refinery banyak hohoho.. dan saat itu ada 3 bilik untuk interview dimana saya dioanggil di bilik ke2 dan ad 3 interviewer.. saya sudah lupa siapa aja.. yg plg saya inget hanya vice president dr refinery.. (alumni tkim itb) dan 2 lg itu katanya langsung user saya klo saya ditrima nantinya.. hmmm.. sepertinya sesi bps kali ini interviewnya sekaligus krn user dan vp disatukan..

Berikut pertanyaan2 saat interview yg saya inget:
– tau apa si ttg refinery?
– tugas akhirnya apa?
– cara mengolah limbah di refinery gmn?
– mau ga ditempatin di site? Bs jd jauh dr org tua? “Saya: mau *tampang meyakinkan.. ha
– panas lho di lapangan.. yakin mau? “Saya: mau.. ha! *boong banget
– kalo disuruh begadang terus gmn? Mau ga? “Saya: udh sering kok.. kan pas kuliah banyak laporan praktikum.. *ini bener si tp g pernah ga tidur jg.. saya gitu lho..
In conclusion, saya lihat vpny interest sama saya.. saat itu saya yakin 90% klo saya lulus..

Lanjut..
Besoknya saya dipanggil buat medical check up.. medical check up pertama saya.. yeyeyeyeay..  dan medicalnya lengkap bgt dr mata, telinga, ekg (jantung), gigi, feses (ini pr bgt..), sampe usg rahim (ini another exam.. scara harus nunggu kebelet dulu dan saya sampe dimarahin dokternya gara2 ga kebeket2 disuruh minum byk malah gmw pipis heu)… dan yg terakhir disuruh lari keliling lapangan banteng 4 x .. denger2 biar mcunya diterima waktu kelilingnya harus 12 menit.. saya 13 saat itu.. pokoknya hari mcu pertamina adl hr yg melelahkan..

Dan setelah menanti swlama 2-3 bulan dengan mantau kaskus, nanya2 para jobseeker yg kbtulan tukeran hp wkt test dll.. sampe akhirnya d kaskus perlahan2 orang yg udh dipanggil pada lulus zzzz.. dan saya bersimbah air mata krn merasa g lulus (emang beneran g lulus)…

Padahal yaitu tadi… udh sampai mcu.. ga lulus.. itu impian saya.. mana slama menunggu 3 bulanan saya males2an ke jobfair itb.. dateng si tp daftarnya ngasal..  sombong bgt krn udh ngrasa d trima d pertamina bahaha.. gitu deh…

Berikut another story tentang perusahaan lainnya…
:mrgreen:
-part 2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s